Home » Berita » UIN Komitmen Jadi Kampus Bersih Dari Narkoba

UIN Komitmen Jadi Kampus Bersih Dari Narkoba


Humas UIN RIL — UIN Raden Intan Lampung berkomitmen menjadi kampus yang bersih dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (narkoba). Selain bersih atas lingkungannya, UIN menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia (RI) dalam hal pencegahan dan pemberantasan narkoba.

Hal ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara UIN Raden Intan Lampung dengan BNN RI. MoU tersebut langsung ditandatangani oleh Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg dan Kepala BNN RI Komjen Pol Drs Heru Winarko SH di ruang seminar UIN, Selasa (30/10/2018).

“Ancaman (bangsa) kita saat ini bukan hanya paham-paham radikalisme dan terorisme. Ada bahaya korupsi. Kemudian yang tidak kalah bahayanya adalah Narkoba,” ujar Prof Mukri saat sosialisasi dampak penyalahgunaan narkoba bersama Kepala BNN usai penandatanganan MoU tersebut.

Rektor UIN ini menjelaskan bahwa UIN sudah berbuat agar kampus ini bersih dari narkoba. “Sebelum calon mahasiswa baru masuk UIN, kita (UIN) ada tes urine. Agar kampus ini bisa terbebas dari ancaman dan penggunaan narkoba,” jelasnya.

Menurutnya, kerjasama dengan BNN tersebut merupakan bentuk sinergitas antar lembaga khususnya dalam hal memberantas narkoba. “Saya melihat ini dukungan (pihak BNN ke kampus). Dan kita memang harus bersinergi dari semua unsur untuk memerangi narkoba ini,” tandasnya.

Adapun ruang lingkup MoU tersebut diantaranya yaitu penyebaran informasi tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan psekursor narkotika. Selain itu, dilingkup pendidikan, pelaksanaan program pendidikan tinggi seperti pelatihan, lokakarya, seminar, dan kegiatan ilmiah dibidang pencegahan dan pemberantasan narkotika. (NF/HI)

Sudah dibaca : 652 Kali