UIN Lakukan Asesmen Terhadap Calon Kepala Pekon Kabupaten Tanggamus

  • Admin Humas
  • Rabu, 08 Juni 2022
  • 578 Tampilan
Rektor UIN Prof. Wan Jamaluddin (kanan) dan Wabup Tanggamus AM. Syafi’i, S.Ag meninjau pelaksanaan CAT calon Kepala Pekon Kab. Tanggamus, Rabu (8/6/2022).

Sebanyak 66 calon Kepala Pekon (Desa) Kabupaten Tanggamus ikuti asesmen di UIN Raden Intan Lampung. Pelaksanaan asesmen ini berlangsung selama 2 hari, 8-9 Juni 2022, di Gedung ICT.

Asesmen ini merupakan tindak lanjut dari MoU dan Kerja Sama antara UIN Raden Intan Lampung dengan Kabupaten Tanggamus.

Rektor UIN Prof Wan Jamaluddin PhD yang meninjau langsung bersama  Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus AM Syafi’i SAg. Dia mengapresiasi tindak lanjut dari kerja sama tersebut.

“Kita terus berupaya mewujudkan good governance, salah satunya tes CAT dan psikotes ini. Ini untuk mengukur keterbukaan dan transparansi dari proses pemilihan kepala pekon yang sedang berlangsung, kata Rektor, Rabu (8/6/2022).

Rektor berharap kerjasama ini dapat terus dikembangkan. “Ke depan tentunya akan terus bersinergi,” tambah Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Wabup Tanggamus juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama tersebut. Dia menjelaskan, Pemilihan Kepala Pekon direncanakan akan berlangsung pada 7 Juli 2022.

Tercatat ada 68 Pekon dari 18 Kecamatan di Kabupaten Tanggamus yang akan melaksanakan Pemilihan. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, calon Kepala Desa yang lebih dari 5 orang harus dilakukan asesmen.

“Ada 10 Pekon dari 7 Kecamatan yang memiliki calon lebih dari 5 orang. Asesmen ini dilakukan untuk menyeleksi calon-calon tersebut,” jelas Wakil Bupati.

“Kami menilai UIN adalah pihak yang berkompeten untuk melakukan ini. Semua hasil penilaian  sesuai yang dicapai dari peserta,” ungkap Syafi’i.

Wabup melanjutkan, tidak menutup kemungkinan ada kerja sama lain antar kedua belah pihak. Pelaksana kerja sama ini yaitu UPT Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir UIN dengan Dinas Pengembangan Masyarakat Desa (PMD).

Turut meninjau asesmen Wakil Rektor III, Sekretaris LP2M, Kepala UPT Pusat Karir, Kepala PTIPD, Plt. Kabag Kerja Sama dan Humas UIN, serta Kepala Dinas PMD Tanggamus.

Kepala UPT Pusat Karir Dr Tin Amalia memamaparkan, peserta asesmen ini mengikuti Computer Assisted Test (CAT) dan Fit and Proper Test. “CAT ada 150 soal dan Fit and Proper Test melalui wawancara yang terbagi dalam dua komponen yakni psikotes dan kemampuan bidang (pemerintahan),” paparnya.

Tin menjelaskan, tim penyeleksi Fit and Proper Test merupakan akademisi UIN dari bidang psikologi dan bidang ilmu pemerintahan, sosial, dan politik. “Hasil tes CAT dapat dilihat langsung dan akan dipajang di mading. Sedangkan akumulasi penilaian dengan Fit and Proper Test akan diumumkan melalui website dan instagram UPT Karir,” pungkasnya. (NF/HI)