UIN Raden Intan adakan Capacity Building untuk Pengelola Jurnal

  • Admin Humas
  • Selasa, 11 Desember 2018
  • 2133 Tampilan

blank

 

Yogyakarta, 11/12/2018. Pengelola jurnal UIN Raden Intan Lampung mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas (Capacity Building) di Yogyakata. Kegiatan ini berlangung selama 3 hari mulai dari tanggal 9 – 11 Desember 2018 di Hotel Cordela, Yogyakarta.

Peserta kegiatan merupakan seluruh pengelola jurnal di lingkungan UIN Raden Intan Lampung yang berjumlah 23 jurnal. Kegiatan ini menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Dr. Parmin, M. Pd, dari Universitas Negeri Semarang, Yoga Dwi Arianda, S. T. dari Kemenristekdikti, dan Endah Retnowati, Ph. D. dari Universitas Negeri Yogyakarta. Ketiganya merupakan pakar di bidang perjurnalan.

Hari pertama peserta mendapatkan pembekalan dari Dr. Parmin, M.Pd, beliau merupakan Editor in Chief dari Jurnal Pendidikan IPA Indonesia yang telah terindeks Scopus. Dr. Parmin memaparkan materi tentang persiapan akreditasi dan internasionalisasi jurnal. Di kesempatan selanjutnya, dilakukan kegiatan simulasi penilaian akreditasi terhadap salah satu jurnal di UIN Raden Intan Lampung. Diharapkan dengan adanya simulasi ini, pengelola dapat melakukan evaluasi diri terlebih dahulu sebelum mengajukan akreditasi.

Di hari kedua, peserta mendapatkan materi terkait dengan arah kebijakan dan pengembangan jurnal di Indonesia. Materi ini dipaparkan oleh Yoga Dwi Arianda, S. T. selaku kepala seksi Jurnal Ilmiah Nasional, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti. Dalam pemaparannya, pemerintah memberikan perhatian besar terhadap publikasi ilmiah. Karena itu, pengelola diharapkan dapat serius dalam mengelola jurnal dan sesegera mungkin mendaftarkan akreditasinya. Sesi selanjutnya, pengelola mendapatkan sharing berupa pengalaman sukses menembus indeks Scopus dengan salah satu Managing Editor di Jurnal Cakrawala Universitas Negeri Yogyakarta, Endah Retnowati, Ph. D. Pengalaman tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran bagi pengelola jurnal, khususnya yang sedang mempersiapkan diri menjadi jurnal internasional bereputasi.

blank

Ketua Rumah Jurnal, Fauzan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat urgen dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. “Harapannya selesai kegiatan ini kita dapat mengetahui posisi jurnal saat ini dan menyusun rencana pengembangan ke depan” tambah Fauzan.

Pengelola jurnal kemudian secara bersama-sama melakukan pemetaan potensi dan masalah yang ada di jurnalnya masing-masing. Potensi dan masalah ini menjadi dasar pembuatan roadmap jurnal mereka.

Ketua pelaksana kegiatan, Kamran mengatakan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengelola menjadi lebih baik dan profesional. “Ya, harapannya pengelolaan jurnal-jurnal kita semakin profesional sehingga nanti banyak diantara jurnal-jurnal di UIN Raden Intan Lampung yang memperoleh akreditasi dan indeksasi internasional.” tutup Kamran. (rilis)