UIN Raden Intan Beri Pendampingan Pengelola Jurnal

  • Admin Humas
  • Senin, 25 Maret 2024
  • 225 Tampilan
Pemaparan oleh narasumber, Prof Parmin dari Unnes.

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas penerbitan serta tata kelola jurnal ilmiah, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Pusat HKI, Paten, dan Publikasi Ilmiah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) adakan Pendampingan Akreditasi Jurnal.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 pengelola jurnal yang berlangsung di Ruang Sidang Rektorat Lama Lt.3, Jumat, 22 Maret 2024.

Para pengelola jurnal yang turut hadir tersebut diberi pemaparan dan arahan oleh narasumber, Prof Dr Parmin MPd selaku Editor-in-chief Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPI), Jurnal Sinta 1 (Q2) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Dalam sambutannya, Ketua LP2M, Prof Dr H A Kumedi Ja’far MH menegaskan bahwa keberadaan jurnal dalam sebuah perguruan tinggi merupakan suatu keniscayaan, ia berpesan kepada para pengelola jurnal agar jurnal yang dikelola dapat memperoleh peringkat akreditasi yang maksimal. 

Prof Kumedi menyebutkan, kualitas jurnal juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pemeringkatan perguruan tinggi seperti, Webometrics, Unirank, dan sebagainya. 

“Melalui kegiatan pendampingan akreditasi jurnal ini, para pengelola diharapkan bisa lebih ahli dan profesional dalam mengelola jurnal,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Kumedi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Pusat HKI, Paten, dan Publikasi Ilmiah, Antomi Saregar MPd MSi yang telah menggawangi jurnal-jurnal UIN Raden Intan Lampung.

Untuk diketahui, saat ini UIN Raden Intan Lampung memiliki 42 jurnal. Dengan rincian, 1 Jurnal terindeks Scopus, 8 terindeks Sinta 2, dan sisanya Sinta 3, 4, dan 5. (Rls-An/AH)