UIN Raden Intan Lampung Gelar Guest Lecture Series dengan Prof Artyom Rykun dari TSU Rusia

  • Admin Humas
  • Rabu, 10 Juli 2024
  • 21 Tampilan
blank
Prof Artyom Yu Rykun

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui International Office kembali menghadirkan pembicara internasional dalam acara Guest Lecture Series. Kali ini, Prof Artyom Yu Rykun dari Tomsk State University (TSU) Rusia hadir memaparkan materi tentang “Education in Contemporary Russia”.

Acara yang berlangsung di Ruang Teater Lt.2 pada Rabu (10/07/2024) ini disambut antusias oleh para peserta Young Greenprenur International Short Course dan Bimtek IELTS yang diadakan oleh FEBI dan Pusat Pengembangan Bahasa (Pusba) UIN RIL.

Dalam paparannya, Prof. Rykun menjelaskan bahwa sistem pendidikan di Rusia tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, dengan jenjang pendidikan yang terdiri dari SD, SMP, SMA, dan kejuruan. Di jenjang kejuruan, para siswa diberi kebebasan untuk memilih jurusan sesuai minat dan bakat mereka.

Prof Rykun juga banyak membahas tentang Tomsk State University (TSU), salah satu universitas ternama di Rusia yang masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia. Berdasarkan THE World University Ranking, TSU bahkan pernah menduduki peringkat 1 dalam kategori internasionalisasi pada tahun 2020.

Lebih lanjut, Prof. Rykun, selaku Wakil Rektor Bidang Internasional TSU itu, menjelaskan bahwa kampusnya terbuka untuk semua orang, dengan keragaman agama dan budaya. Tidak hanya Kristen, Islam dan agama lainnya pun dihormati di TSU. Saat ini, tercatat 3647 mahasiswa internasional dari berbagai negara tengah menempuh studi di TSU. Biaya hidup di Rusia pun tergolong terjangkau.

blank

Prof. Rykun kemudian memaparkan program studi yang tersedia di TSU, termasuk Program in English yang terdiri dari Bachelor’s Programs (Linguistics, Software Engineering, Tomsk International Science Program) dan Master’s Programs (Computer Engineering: Applied Artificial Intelligence and Robotics, International Management, Bioinformatics, Biodiversity, Biophotonics, Mathematical Analysis and Modeling, Physics Methods and Informational Technologies in Biomedicine, English Language Teaching Leadership – Big Data and Data Science).

Selain itu, terdapat pula Pre-course department, Software Engineering, Mechanics and Robotics, Big Data and Data Science, Institute of Economics and Management, dan Faculty of Philology.

Para peserta tampak antusias dan dalam mengikuti sesi tanya jawab, menanyakan berbagai hal terkait studi lanjut di Rusia. (An/AH)