UIN Raden Intan Lampung Kembali Duduki Peringkat 1 PTKIN Terbaik di Luar Pulau Jawa, Rektor: Masih Buka Jalur Pendaftaran Mandiri

  • Admin Humas
  • Kamis, 11 Juli 2024
  • 41 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Berdasarkan pemeringkatan terbaru UniRank 2024, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) kembali mengukir prestasi membanggakan dengan meraih peringkat 1 sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik di luar Pulau Jawa.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung dalam mewujudkan visi dan misi perguruan tinggi. Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD menyatakan rasa bangganya atas prestasi ini.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas capaian ini. Peringkat ini merupakan bukti komitmen UIN Raden Intan Lampung dalam memberikan pendidikan berkualitas dan terus berbenah diri menjadi kampus rujukan internasional. Dan saat ini masih terbuka kesempatan bagi yang ingin mendaftar melalui jalur Mandiri,” ujar Prof Wan Jamaluddin.

Dikutip dari laman UniRank, pemeringkatan ini berasal dari 4 International Colleges and Universities (4ICU). Perangkingan yang dilakukan UniRank mencakup institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia yang memenuhi tiga kriteria.

Kriteria tersebut yakni secara resmi diakui, dilisensikan dan/atau diakreditasi badan-badan nasional atau regional seperti Kementerian Pendidikan Tinggi atau Lembaga Akreditasi Mandiri yang diakui pemerintah. Kemudian, secara resmi berlisensi atau berwenang untuk memberikan Gelar Sarjana dan/atau gelar Master dan Doktor. Serta menyediakan kursus pendidikan tinggi terutama dalam format pembelajaran tatap muka tradisional yang disampaikan melalui fasilitas di tempat.

Pemeringkatan UniRank 2024 didasarkan pada 4 metrik web yang tidak bias dan independen, yaitu: Majestic Referring Domain dengan Trust Flow minimum (55%), Peringkat Global Similarweb (35%), Otoritas Domain Moz (5%), dan Majestic Trust Flow (5%).

UIN Raden Intan Lampung terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanannya. Prestasi ini menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika untuk terus berprestasi dan membawa nama harum UIN Raden Intan Lampung di kancah nasional dan internasional.

Berikut ini adalah 10 PTKIN terbaik di Indonesia versi UniRank 2024 yang diakses pada Kamis (11/07/2024),

1. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

2. UIN Sunan Ampel Surabaya

3. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

4. UIN Sunan Gunung Djati

5. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

6. UIN Raden Intan Lampung

7. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

8. UIN Sultan Syarif Kasim Riau

9. UIN Alauddin Makassar

10. UIN Universitas Islam Negeri Walisongo

Sedangkan di tingkat dunia, UIN Raden Intan Lampung berada pada peringkat 27 pada kategori Top Islamic Universities in the World atau kampus Islam terbaik di dunia.

Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di UIN Raden Intan Lampung, kabar baiknya adalah UIN Raden Intan Lampung masih membuka jalur pendaftaran Mandiri. Pendaftaran dibuka hingga 31 Juli 2024.

Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara online di laman https://aplikasi.radenintan.ac.id/pmb_lokal dan informasi lengkapnya melalui https://pmb.radenintan.ac.id/mandiri/.

Senada dengan apa yang disampaikan Prof Wan Jamaluddin, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Prof Dr H Alamsyah MAg menghimbau siswa/siswi menengah atas/sederajat untuk dapat melanjutkan studi di kampus hijau UIN Raden Intan Lampung yang memiliki visi sebagai rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

“Kami memiliki beragam program studi yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa yang ditunjang dengan fasilitas dan beasiswa yang dapat dinikmati,” ucapnya. (An/AH)