UIN Raden Intan Tandatangani LoI dengan Chulalongkorn University Thailand

  • Admin Humas
  • Rabu, 13 Desember 2023
  • 333 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) kembali menjalin kerjasama internasional. Kali ini, UIN Raden Intan menandatangani Letter  of Intent(LoI) dengan universitas asal Thailand, Chulalongkorn University. 

Naskah LoI tersebut ditandatangani Rektor UIN RIL Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD bersama Researcher of South Asian Studies Center Chulalongkorn University Abdunrohman Mukem PhD di Hotel Radisson, Selasa (12/12/2023). 

LoI yang ditandatangani menjadi awal kerjasama antara kedua belah pihak di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diantaranya, pertukaran dosen, staf peneliti, dan mahasiswa, mengembangkan kerjasama pendidikan dan proyek penelitian kolaboratif, menyelenggarakan kegiatan akademik dan/atau ilmiah bersama, seperti kursus, konferensi, seminar, simposium atau perkuliahan, kompetisi mahasiswa, mobilitas mahasiswa.

Kemudian pertukaran publikasi akademis dan materi lain yang memiliki kepentingan bersama, dan melakukan rangkaian kegiatan lain yang saling menguntungkan sebagaimana disepakati secara tertulis.

Rektor menyebut bahwa saat ini terdapat tiga mahasiswa yang sedang melakukan program student exchange selama 1 semester di negara gajah putih, Krirk University Thailand. Selain itu, beberapa mahasiswa asal Thailand pun berkuliah di kampus hijau UIN Raden Intan Lampung. Ia berharap hal itu tidak menutup kemungkinan akan dilakukan juga terhadap Chulalongkorn University.

“Saya berharap berikutnya kita juga akan mengundang mahasiswa dari Chulalongkorn dan bergabung di UIN Raden Intan Lampung dengan skema beasiswa,” ujar Rektor.

Adapun penandatanganan berlangsung pada rangkaian kegiatan pembukaan Colloquium International yang diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN RIL. (An/AH)