UIN RIL Akan Terapkan MBKM Mulai Tahun Ajaran Baru 2022/2023

  • Admin Humas
  • Sabtu, 02 Juli 2022
  • 1598 Tampilan
Rektor UIN Raden Intan Lampung, yang diwakili oleh Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Safari SAg MSos I (tengah) didampingi Ketua LPM dan Ketua Tim saat membuka workshop

Humas UIN RIL – Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung akan mulai menerapkan sistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk mahasiswa semester V (lima) pada tahun ajaran baru 2022/2023.

Hal tersebut terungkap dalam acara Workshop Penyusunan Dokumen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Raden Intan Lampung di Hotel Emersia, Jumat (01/07/2022).

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin PhD yang diwakili oleh Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr Safari SAg MSos I, dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan bahwa ini adalah sebagai salah satu bentuk upaya progresive UIN Raden Intan dalam merespon perubahan.

“UIN Raden Intan terus berupaya untuk selalu dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, sambil terus berbenah diri memantapkan struktur pondasi Perguruan Tinggi yang kuat menuju standar Internasional.” ujar Wakil Rektor

Penerapan MBKM ini diharapkan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan, untuk itu perlu dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung yang sistematis. “Kami berharap dari workshop ini dihasilkan dokumen-dokumen yang dapat menjadi acuan dalam penerapan MBKM nantinya,” pungkas Safari.

Sementara Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Raden Intan Lampung, Dr Sudarman MAg, mengatakan bahwa penerapan MBKM tahap awal ini akan diberlakukan kepada mahasiswa semester V (lima) pada awal tahun ajaran baru 2022/2023 untuk lintas Prodi dan lintas Fakultas dalam lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

“Insya Allah, hasil dari workshop ini akan kita sosialisasikan pada minggu ke tiga bulan Juli, sehingga mahasiswa semester lima sudah bisa menyusun KRS dengan kurikulum MBKM,” jelasnya.

Sudarman menambahkan, outcome dari workshop ini nantinya adalah 5 (lima) dokumen MBKM yang terdiri dari, Standard Operating Procedure (SOP), Standar Sistem Penjaminan Mutu Internal, Pedoman Recognisi dan Equivalency, Naskah Pedoman Akademik bernuansa MBKM dan Kurikulum MBKM.

Dalam kesempatan yang sama ketua Tim Pengembang Kurikulum MBKM UIN Raden Intan Lampung, Dr Jamal Fakhri MAg, menyampaikan bahwa workshop ini merupakan rangkaian kegiatan penyusunan yang telah dimulai dari tahun lalu, dengan tim berjumlah 23 (dua puluh tiga) orang yang terdiri dari unsur LPM, para Wakil Dekan bidang akademik, Tim Penyusun dan para Ketua Gugus Penjamin Mutu dari masing-masing Fakultas.

Workshop yang akan berlangsung selama tiga hari ini, menghadirkan narasumber ketua LPM UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, Dr Muhammad Fakhri Husen SE MSi. Hadir dalam acara pembukaan para Dekan, Wakil Dekan, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Kabag Humas dan Kerjasama serta para tamu undangan lainnya. (AR/HI)