UIN RIL Dipercaya Jadi Penyelenggara TOT Penguatan Moderasi Beragama bagi Dosen PTK

  • Admin Humas
  • Selasa, 12 Desember 2023
  • 519 Tampilan
blank
Rektor UIN RIL saat memberikan sambutan sekaligus membuka TOT PMB, Senin (11/12/2023).

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) dipercaya menjadi Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Training of Trainers (ToT) Penguatan Moderasi Beragama (PMB) bagi Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia.

Kegiatan tersebut atas kerjasama dengan Kementerian Agama RI dan dibiayai oleh skema Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Acara berlangsung pada 11-17 Desember 2023 di Hotel Golden Tulip dan dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD.

“UIN Raden Intan Lampung kembali diberi kepercayaan sebagai penyelenggara sebuah forum. Forum ini menunjukkan keragaman, baik suku, budaya, dan agama yang dimiliki peserta TOT, semakin mempertegas pentingnya Moderasi Beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia,” ujar Rektor.

Rektor menekankan, Moderasi Beragama merupakan program RPJMN bangsa, sehingga menjadi perhatian bersama dalam pembangunan di tanah air Indonesia.

“Moderasi beragama menjadi salah satu program unggulan di Indonesia untuk menjaga keberagaman Indonesia yang indah, ” katanya.

blank

Sementara itu Kepala Pusat Moderasi Beragama UIN RIL Riski Gunawan mengatakan, UIN RIL dipercaya menyelenggarakan TOT untuk dua angkatan dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang dari seluruh Indonesia. 

“Para peserta diseleksi dengan sangat ketat. Dari 856 yang mendaftar, dihasilkan sekitar 300 peserta disebar pada 7 PTP yang ada, InsyaAllah mereka adalah orang-orang pilihan dan yang terbaik, ” ujar Riski. 

Sedangkan fasilitator nasional berasal dari lintas agama yakni Hindu (Kadek Prima Dewi), Kristen (Martin), dan Islam (Salahudin, Rosidin, dan Wawan Gunawan). TOT di Lampung diikuti 2 angkatan yang berlangsung paralel. 

Adapun pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor III Prof Dr H Idrus Ruslan MAg, Ketua LP2M UIN RIL Prof Dr H A Kumedi MH, dan para dekan lingkungan UIN Raden Intan Lampung. (Uni/An/AH)