UIN RIL Dorong Kolaborasi Riset Dosen dan Mahasiswa

  • Admin Humas
  • Rabu, 06 Maret 2024
  • 238 Tampilan
blank
Ketua LPM Dr Andi Thahir MA saat memberikan sambutan

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) terus berupaya meningkatkan produktivitas tri dharma perguruan tinggi dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas internasional.

Melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN RIL, dosen dan mahasiswa dibekali dengan Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah untuk Presentasi pada Konferensi Internasional dan Jurnal Nasional Ber E-ISSN yang berlangsung di Teater Room Lt.2, Rabu (06/03/2024).

Dalam sambutannya, Ketua LPM UIN RIL Dr Andi Thahir MA mengatakan, kolaborasi riset dosen dan mahasiswa memiliki dampak yang baik dalam menunjang reputasi UIN Raden Intan, baik itu Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), Akreditasi Program Studi (APS), maupun perankingan internasional.

“UIN Raden Intan Lampung pada tahun ini akan applypada Times Higher Education (THE) dan QS World University Ranking. Dalam THE, terdapat 2 indikator yakni impact rank dan research publication. Maka untuk memenuhi hal tersebut, UIN dalam 3 tahun terakhir harus memiliki setidaknya 1200 artikel yang terpublikasi,” ungkap Dr Andi.

Selain itu, Dr Andi juga mengatakan bahwa prestasi mahasiswa tidak hanya melalui kompetisi, namun ada jalur partisipasi dengan keikutsertaannya dalam parallel session pada konferensi internasional. “Produk tersebut dapat menjadi pendamping skripsi atau bahkan menjadi artikel pengganti skripsi bagi mahasiswa,” pungkasnya.

Ketua Panitia kegiatan, Prof Syafrimen MEd PhD dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 176 mahasiswa dari seluruh prodi di lingkungan UIN RIL. Kemudian melibatkan 88 dosen untuk mendampingi masing-masing 2 sampai 3 mahasiswa.

Kepala Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa UIN RIL ini juga menuturkan, melalui kegiatan yang juga didampingi 9 fasilitator ahli ini diharapkan memiliki keluaran karya ilmiah yang ditujukan pada konferensi internasional ataupun jurnal internasional dan nasional.

“Kita menargetkan 100% kolaborasi dosen dan mahasiswa bisa publikasi pada konferensi internasionalmaupun jurnal internasional dan nasional yang ber E-ISSN,” harap Prof Syafrimen.

blank
Prof Dr Parmin MPd

Adapun penyampaian materi mengenai Strategi menulis artikel yang disukai oleh Pengelola Jurnal untuk publikasi di konferensi internasional dijelaskan oleh narasumber Prof Dr Parmin MPd selaku Editor-in-chief Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPI), Jurnal Sinta 1 (Q2) Universitas Negeri Semarang. (An/AH)