UIN RIL Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

  • Admin Humas
  • Sabtu, 01 Juni 2024
  • 29 Tampilan
blank
Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Rektorat UIN Raden Intan Lampung, Sabtu (01/06/2024).

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Sivitas Akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) laksanakan upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di Halaman Rektorat, Sabtu (01/06/2024). Upacara tersebut dipimpin oleh Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD sebagai pembina upacara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengusung temaPancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ungkap Rektor dalam amanat yang disampaikan.

Pada kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Ia mengajak komponen bangsa membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tuturnya.

blank
Rektor Prof Wan Jamaluddin Z PhD saat membacakan amanat Kepala BPIP

Lebih lanjut Rektor mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” jelasnya.

blank

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” harap Rektor. (An/AH)