UIN RIL Kukuhkan 56 Guru Profesional, Angka Kelulusan 100%

  • Admin Humas
  • Selasa, 26 Maret 2024
  • 1004 Tampilan
Rektor, WR I, Ketua Senat, Dekan FTK, dan WD I FTK bersama perwakilan lulusan PPG usai penyerahan sertifikat.

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sebagai Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) melaksanakan pengukuhan Guru Profesional dalam jabatan Batch 2 Kategori 1, Selasa (26/03/2024).

Sebanyak 56 peserta PPG FTK UIN RIL dikukuhkan, berlangsung khidmat di Ruang Teater Lt.2 Gedung Academic & Research Center UIN. 34 hadir secara luring, sedangkan 22 lainnya daring melalui platform Zoom.

Prosesi pengukuhan dan penyerahan sertifikat pendidik dilakukan oleh Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD dan Dekan FTK Prof Dr Hj Nirva Diana MPd.

Dalam sambutannya, Rektor Prof Wan mengucapkan selamat kepada 56 peserta yang lulus yang terdiri dari 37 Mahasiswa PPG Batch 2 K1 Angkatan 2023, 16 Retaker Angkatan 2018-2019, dan 3 Retaker Angkatan 2023.

“Selamat kepada para guru profesional atas dedikasi, kerja keras, dan semangat yang telah Anda tanamkan dalam menyelesaikan pendidikan ini. Langkah ini bukanlah akhir dari perjalanan, namun merupakan awal dari perjalanan baru sebagai seorang pendidik,” ujar Guru Besar bidang Sejarah Peradaban Islam itu.

Sebagai hasil dari komitmen UIN Raden Intan Lampung dalam meningkatkan kualitas pendidikan, ujar Prof Wan, tingkat kelulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) mencapai 100%.

“Alhamdulillah tingkat kelulusan PPG di UIN Raden Intan sampai terakhir bisa mencapai 100%. Ini salah satu bukti keseriusan kami kampus UIN dan keseriusan para peserta untuk mengikuti program PPG secara totalitas,”

Pada kesempatan itu juga Rektor berterima kasih kepada para dosen dan guru pamong yang telah serius dan telaten untuk menyukseskan program PPG di UIN RIL. Menurutnya, program ini sangat strategis dalam mempersiapkan guru-guru kita di sekolah maupun di madrasah agar lebih profesional lagi.

Rektor berpesan untuk terus mengembangkan diri, belajar, dan tetap berkomitmen dalam memberikan yang terbaik bagi pendidikan di negeri ini. “Saya berharap para bapak/ibu dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai guru dengan penuh dedikasi, integritas, dan cinta kasih,” harapnya.

Sebelumnya, laporan kelulusan PPG Batch 2 K1 Tahun 2023 disampaikan oleh Dekan FTK, Prof Nirva. Dia menyampaikan kelulusan Firstaker dan Retaker LPTK UIN RIL dari 56 mahasiswa tersebut menyentuh angka 100%. Dengan capaian tersebut, ia berharap UIN RIL ke depannya akan dapat kembali dipercaya mencetak guru profesional.

“Peserta PPG yang dikukuhkan ini berasal dari sejumlah kabupaten yang ada di Provinsi Lampung, kemudian Aceh, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Jawa Timur,” ungkapnya.

Selain itu, pengukuhan ini dibuka dan dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Ditjen Pendis Kemenag) RI, Prof Dr H Rohmat Mulyana Sapdi MPd secara daring. 

Ditjen Pendis Kemenag, Prof Dr H Rohmat Mulyana Sapdi MPd

Prof Rohmat mengapresiasi dan turut bangga atas capaian kelulusan 100% ini. Para peserta memperoleh gelar guru profesional setelah mengikuti pendidikan selama kurang lebih 4 bulan.

Ia menegaskan bahwa para peserta bertanggung jawab dalam pembentukan siswa-siswa baik di sekolah, maupun di madrasah terkait ilmu-ilmu keislaman, terutama aqidah dan akhlak. “Semangat untuk terus mengabdi, dan buktikan profesionalitas guru Bapak/Ibu,” tuturnya.

Turut hadir Wakil Rektor I, Ketua Senat, Wakil Dekan FTK, sejumlah guru besar, Kepala SPI, Kabag/Kasubag FTK, Kaprodi dan Sekprodi FTK, Dosen PPG, Guru Pamong, dan Tim Gugus Mutu FTK. (An/AH)