UIN RIL Peringkat 9 Nasional Kategori Impact Ranking Webometrics

  • Admin Humas
  • Sabtu, 12 Februari 2022
  • 3191 Tampilan
blank
Tangkapan layar website webometrics.

UIN Raden Intan Lampung (RIL) berada di posisi ke-9 perguruan tinggi se-Indonesia untuk kategori Impact Ranking Webometrics edisi Januari 2022. Peringkat ini juga sebagai posisi pertama di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

Webometrics yang merupakan lembaga internasional dalam mengembangkan studi kuantitatif di web akademik, merilis daftar universitas terbaik dalam beberapa kategori salah satunya adalah indikator impact ranking.

Indikator impact ranking menilai berdasarkan jumlah personal network alamat website luar yang melakukan link ke website kampus tertentu. Peringkat impact ranking dalam setiap perguruan tinggi mengindikasikan bahwa penyebaran informasi yang dilakukan website kampus berjalan dengan baik.

Pada edisi yang sama, UIN RIL kembali menempati posisi ketiga untuk lingkungan PTKIN se-Indonesia berdasarkan semua indikator penilaian webometrics.

Sebelumnya, Rektor UIN Prof Wan Jamaluddin PhD mengatakan, kemajuan UIN RIL termasuk dalam penilaian lembaga pemeringkatan ini harus tetap dijaga agar dapat lebih baik lagi. “Saya berharap sivitas akademika dapat terus bersinergi dan menjalin keharmonisan agar UIN dapat lebih maju,” pungkasnya, Rabu (2/2/2022).

Webometricsmelakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu Perguruan Tinggi di seluruh dunia. Dalam setahun webometricsmerilis pemeringkatan sebanyak dua kali yakni pada Januari dan Juli.

Terdapat tiga komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian webometrics ini, yaitu Impact, Openness, dan Excellence. (NF/HI)