UIN RIL Seleksi 3.253 Peserta UMPTKIN

  • Admin Humas
  • Senin, 24 Juni 2024
  • 58 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) hari ini, Senin (24/06), memulai pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2024 menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Pelaksanaan ini juga serentak dilaksanakan oleh seluruh 59 kampus, yaitu 58 PTKIN dan 1 PTN.

Di titik lokasi UIN RIL, ujian yang berbasis komputer ini diselenggarakan di Gedung ICT dan diikuti oleh 3.253 peserta.

Pelaksanaan UMPTKIN di UIN RIL akan berlangsung selama 6 hari, pada 24-27, 29-30 Juni 2024 dengan total 17 sesi. Setiap hari, terdapat 3 sesi ujian, yaitu sesi pagi (07.30 – 09.30 WIB), sesi siang (10.30 – 12.30 WIB), dan sesi sore (13.30 – 15.30 WIB).

Wakil Rektor I Prof Dr H Alamsyah MAg, Wakil Rektor II Dr Safari Daud MSoSI, dan Kepala Biro AAKK / Plt. AUPK Dr H Abdul Rahman MPd meninjau langsung pelaksanaan ujian di hari pertama ini. Didampingi oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Dr Achi Rinaldi MSi, dan panitia penyelenggara lainnya.

Prof Alamsyah menyampaikan harapannya agar pelaksanaan UMPTKIN di UIN RIL berjalan dengan lancar dan sukses. “Kami berharap ujian ini dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan tanpa kendala. Kami juga berharap para peserta dapat mengerjakan soal dengan tenang dan fokus sehingga dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, UIN RIL berkomitmen untuk menyelenggarakan UMPTKIN dengan jujur dan transparan. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga integritas dan kredibilitas UMPTKIN,” tegasnya.

“Jumlah peserta SSE UMPTKIN tahun ini mencapai 3253 orang, sementara total pendaftar UM-PTKIN khusus ke UIN Raden Intan Lampung berjumlah 3906 orang, baik pilihan 1,2, dan 3,” tambahnya.

Prof Alamsyah juga menyoroti prodi yang memiliki jumlah peminat terbanyak pada jalur UMPTKIN ini. Posisi pertama diduduki Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS), disusul Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan kemudian Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Hasil UMPTKIN 2024 dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 8 Juli 2024. Peserta dapat melihat hasil ujiannya melalui website resmi UMPTKIN https://um.ptkin.ac.id dan https://pmb.radenintan.ac.id/umptkin/. (An/AH)