Home » Berita » UIN RIL Siap Wujudkan Pustakawan Handal

UIN RIL Siap Wujudkan Pustakawan Handal

Sudah dibaca : 378 Kali


Kepala Biro AUPKK Dr. Abdurrahman, M.Ag saat memberikan sambutan pada MoU dan PKS dengan Dinas Perpustakaan dan ISIPII.

UIN Raden Intan Lampung (RIL) akan tingkatkan kompetensi SDM pustakawan. Selain itu, melalui Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII), UIN RIL siap wujudkan pustakawan handal khususnya di provinsi Lampung.

Hal ini disampaikan Kepala Biro AUPKK Dr Abdurrahman MAg saat Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UIN RIL; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung; dan Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII), Rabu (30/11/2021). Penandatanganan berlangsung secara hybrid, luring di Ruang Senat lt.8 dan daring melalui aplikasi Zoom.

Abdurrahman berharap, dengan kerja sama ini, peningkatan kompetensi pustakawan dapat segera terwujud. Dia juga menyampaikan, persoalan dan tantangan dari masing-masing lembaga khususnya terkait SDM, pengelolaan pustaka, dan pengembangan ilmu pengetahuan, dapat bersinergi dengan baik.

PKS ini ditandatangani oleh Dekan Fakultas Adab Dr Mahmudin Bunyamin Lc MA; Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Dra Ratna Dewi MM; dan Ketua ISIPII Dr Wiji Suwarno MHum yang hadir secara daring.

Sejumlah pimpinan UIN, Fakultas, dan Kepala Dinas Perpustakaan lakukan foto bersama usai penandatanganan MoU dan PKS.

Adapun lingkup kerja sama ini diantaranya kegiatan ilmiah dalam bentuk seminar, lokakarya, simposium dan dialog untuk membahas masalah-masalah aktual. Kemudian tri darma perguruan tinggi yakni bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat khususnya terkait ilmu perpustakaan.

Di samping itu, kerja sama ini juga untuk pembinaan dan pengembangan SDM pustakawan dan mahasiswa UIN RIL, serta pertukaran informasi, riset dan publikasi bersama. (NF/HI)