Home » Berita » UIN Siap Lakukan Audit Internal ISO Sistem Manajemen Lingkungan

UIN Siap Lakukan Audit Internal ISO Sistem Manajemen Lingkungan

Sudah dibaca : 475 Kali


Kabag Umum UIN Puji Raharjo bersama dengan Eko Kuswanto saat refresment audit internal ISO 14001:2015.

Sebagai kampus yang sudah menerapkan ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan, UIN siap melakukan audit internal terkait ISO tersebut.

Audit internal ini wajib dilakukan selama 6 bulan sekali dan setiap tahunnya dilakukan audit oleh lembaga internasional yang mengeluarkan ISO tersebut. Dijadwalkan, audit internal ini akan dilakukan pada awal Juni 2021 di semua unit kerja UIN Raden Intan Lampung.

“Ini merupakan komitmen kita dalam mengembangkan kampus hijau berwawasan lingkungan. ISO ini juga sebagai dokumen, langkah dan tahapan yang terukur dalam mewujudkan visi kampus,” papar Kabag Umum UIN Puji Raharjo Sukarno MHum pada kegiatan refreshment audit internal yang diikuti oleh para Kabag dan Kasubbag Umum di Palembang, Sabtu (29/5/2021).

Refreshment ini dilakukan untuk mempersiapkan para auditor dalam menghadapi audit internal ISO 14001:2015 pada setiap unit kerja. “Standar internasional di bidang Sistem Manajemen Lingkungan yang telah diraih UIN Lampung mewajibkan sivitas akademika menjaga keberhasilan ini dari waktu ke waktu,” tambah Puji.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) Dr Eko Kuswanto MSi menjelaskan, refreshment ini agar para auditor internal dapat menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat pelaksanaan audit.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi para auditor internal untuk berdiskusi dan menyeragamkan ide serta gagasan yang akan membantu dalam proses audit pada tiap unit kerja,” terag Eko.

Dalam refreshment auditor internal ISO 14001:2015 ini juga dilakukan pemaparan oleh Suci Wulan Pawhestri MSi dari Tim TPKBBL. Suci memaparkan mengenai persiapan teknis pelaksanaan audit internal, penyeragaman persepsi auditor, penyempurnaan checklist audit internal, pembahasan capaian dan kendala audit pada periode sebelumnya, serta penjadwalan audit internal berikutnya.

Tim TPKBBL dan Auditor Internal UIN Raden Intan Lampung.

Komitmen UIN Raden Intan Lampung terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan ditunjukkan juga dengan mengikuti UI GreenMetric. Pada 2020, UIN Lampung menempati posisi ke-10 secara nasional dan tetap bertahan pada peringkat 1 PTKIN se-Indonesia berdasarkan penilaian UI GreenMetric. (NF/HI)