UIN Susun Buku Pedoman Praktikum

  • Admin Humas
  • Sabtu, 08 Desember 2018
  • 2488 Tampilan

Dalam rangka mewujudkan profil lulusan yang ber ISI (memiliki nilai nilai Intellectuality, Spirituality dan Integrity -red) UIN Raden Intan Lampung mangadakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Buku Pedoman Praktikum di Randu Cliff Hill hotel Bukit Randu pagi ini (8/12).

FGD yang dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung itu menghadirkan narasumber antara lain Dr. Agus Supriyanto, M.Si, kepala UPT Laboratorium Terpadu Universitas Sebelas Maret, Dr. Agus Pahrudin, M.Pd, Dosen Manajemen Pendidikan dan pakar kurikulum UIN Raden Intan Lampung serta Dr. Ruslan Abdul Ghofur, Wakil Dekan bidang Akademik FEBI UIN Raden Intan Lampung.

Dalam pengarahannya Rektor menginginkan pedoman kurikulum yang disusun dapat menjadi guidance bagi seluruh fakultas dan jurusan. “Tidak boleh lagi berbeda-beda dalam melaksanakan praktikum. Jangan menghabiskan energi kita hanya untuk menfsirkan hal-hal tidak perlu lagi kita tafsirkan, semua harus clean dan clear”. tegas rektor.

Prof. Mukri pun berharap pedoman ini sudah bisa dijalankan mulai tahun 2019. “Ini bentuk tanggungjawab dan komitmen kita untuk berbuat lebih baik dan lebih baik lagi bagi bangsa dan negara.” pungkasnya.

Sementara itu dalam narasinya Agus Supriyanto, akan berbagi pengalaman bagaimana pelaksanaan dan pengelolaan praktikum dalam rangka mewujudkan profil lulusan di UNS. Sedangkan Agus Pahrudin akan menelaah dari sisi sinkronisasi praktikum dengan kurikulum UIN dan Ruslan Abdul Ghofur akan melihat dari sisi integrasi keilmuan.

Ketua Tim Penyusun Buku Pedoman Praktikum, Syafrimen M.Ed, Ph.D, mengatakan buku pedoman ini akan menjadi rambu-rambu yang jelas dalam mengontrol pelaksanaan praktikum di lingkungan UIN Raden Intan Lampung dan memastikan profil lulusan UIN sesuai dengan visi dan misi UIN dalam melahirkan insan yang ber-ISI.

“Kami (penyusun, red) mengharapkan masukan dari semua stakeholder guna penyempurnaan buku pedoman ini, sehingga tahun depan sudah bisa kita terapkan sesuai arahan Pak Rektor.” imbuhnya.

Hadir dalam FGD tersebut seluruh stake holder yang terdiri dari para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Assisten Direktur Pasca Sarjana, Kepala Biro AAKK dan AUPKK, Kepala LPM dan ketua-ketua UPT, Kajur dan sekjur, serta Kabag dan Kasubbag. Akademik di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. (HI)