UIN Tambah Guru Besar Bidang Ilmu Hukum

  • Admin Humas
  • Selasa, 08 Maret 2022
  • 2469 Tampilan
Prof. Dr. Erina Pane, S.H., M.Hum

Guru Besar (Profesor) UIN Raden Intan Lampung kembali bertambah. Kali ini, Dosen Fakultas Syariah Prof Dr Erina Pane SH MHum meraih gelar Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Perkawinan.

Jabatan akademik Prof Erina ini berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 13556/MPK.A/KP.05.01/2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen tertanggal 23 Februari 2022.

Penambahan Guru Besar ini mendapatkan apresiasi dari Rektor Prof Wan Jamaluddin dan segenap sivitas akademika. “Kami turut berbangga dan mengucapkan selamat kepada Prof Erina. Semoga ilmunya berkah dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan UIN Raden Intan,” ucap Rektor, Selasa (8/3/2022).

Rektor juga menambahkan bahwa Pimpinan akan terus mendorong agar semakin banyak Guru Besar yang lahir ditahun-tahun mendatang. “Kami akan terus mendorong para dosen untuk terus berkarya, agar semakin banyak Guru Besar yang lahir di UIN Raden intan Lampung.” ungkap Rektor.

Seperti diketahui perkembangan Guru Besar di UIN Raden Intan Lampung semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tercatat hanya 10 orang di tahun 2010, kini sudah 25 orang Guru Besar UIN Raden Intan.

Prof Erina merupakan pengajar mata kuliah Perancangan Hukum, Kebijakan Publik, dan Hukum Lingkungan di UIN Raden Intan Lampung sejak tahun 2000. Dia menyelesaikan studi S1 di Jurusan Ilmu Hukum Universitas Lampung lulus tahun 1993.

Kemudian jenjang S2 lulus tahun 1999 di Jurusan Ilmu Hukum Universitas Diponegoro Semarang dan S3 lulus tahun 2007 pada Jurusan yang sama di Universitas Padjajaran Bandung.

Perempuan kelahiran Bandar Lampung tahun 1970 ini merupakan salah satu Asesor pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Selain di bidang akademik, Prof Erina juga aktif di berbagai organisasi dan lembaga. (NF/HI)