UIN Tingkatkan Kualitas Pengabdian Dosen

  • Admin Humas
  • Selasa, 24 April 2018
  • 3086 Tampilan

Humas UIN RIL – Untuk memberi arah pengabdian dosen agar lebih berkualitas dan sesuai dengan standar berbasis riset, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN RIL helat seminar nasional Pengembangan dan Peningkatan Mutu dan Model Pengabdian di ruang seminar rektorat, Selasa (24/4).

Kegiatan yang di buka oleh Rektor UIN Raden Intan Prof Dr Moh Mukri M Ag itu menghadirkan narasumber Kasi Pengabdian pada subdit Penelitian dan Pengabdian Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI M Aziz Hakim MH.

Dalam sambutannya, Prof Mukri berharap pengabdian dosen tidak hanya sekedar pengajian dan kegiatan rutin semata tetapi harus mengikuti perkembangan masyarakat dan harus melalui pendekatan ilmiah.

Sementara itu narasumber M Aziz  memaparkan kebijakan-kebijakan Kemenag terkait pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan dan bantuan. Beberapa bantuan yang dapat diakses oleh seluruh dosen PTKIN berupa shortcourse pengabdian dosen, bantuan kompetitif pemula dan bantuan kompetitif unggulan.

Bantuan kompetitif pemula dikhususkan untuk dosen PTKIS, sedangkan bantuan shortcourse dan bantuan kompetitif unggulan untuk dosen PTKIS dan PTKIN yang sudah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

“Semua bantuan itu bersifat kompetitif, jadi bagi dosen yang berminat dapat mengirimkan proposal pengabdiannya melalui situs litapdimas.kemenag.go.id” jelas Gus Aziz, sapaan akrabnya.

Selain itu, ia juga memaparkan tentang pendekatan metode pengabdian diantaranya metode  Partisipatory Action Research (PAR), Comunity Base Research (CBR), dan metode  Asset Base Community Driven Development (ABCD).

Menurut sekretaris LP2M Drs Nasrudin MAg, untuk menindaklanjuti hasil seminar nasional ini, besok (25/4), akan diadakan workshop metode pengabdian selama dua hari yang wajib diikuti oleh seluruh dosen UIN Raden Intan. Untuk itu Nasrudin menghimbau agar para dosen dapat mengikuti kegiatan workshop tersebut. (HI/NF)