Home » Berita » UKM Hiqma Helat Festival Seni Islam ke-2

UKM Hiqma Helat Festival Seni Islam ke-2


Humas UIN RIL – UKM Hiqma helat Festival Seni Islam (Fesi) II 2018 se-provinsi Lampung. Kegiatan yang berlangsung selam 3 hari, 7-9 Mei 2018, di lingkungan UIN Raden Intan ini mengusung tema Berkarya, Berkreasi dengan Seni Islam.

Ketua pelaksana Agus Sofyandi memaparkan, kegiatan tersebut diikuti 92 peserta dari berbagai jenis perlombaan. Cabang yang dilombakan yaitu Syahril Quran, Tilawah Quran, Hifdzil Quran, Kaligrafi dan Hadroh.

Ketua UKM Hiqma Angga Saputra mengatakan, Fesi ini untuk kedua kali diselenggarakan. “InsyaAllah Fesi berikutnya akan berjalan setiap tahun dan akan menjadi kegiatan tahunan,” ujarnya saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Fesi II di lapangan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Senin (7/5).

Angga juga menjelaskan, Fesi diselenggarakan untuk mempererat silaturahmi antar peserta dan panitia. “Khususnya (tujuan) untuk membina dan mengembangkan bakat dan syiar terutama dalam bidang yang digeluti Hiqma,” tuturnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Syariah Dr Chaidir Nasution MH. Ia menyampaikan, UKM ini berada pada tingkat universitas. Ia mengaku diminta oleh Kabag Akademik dan Kemahiswaan untuk membuka acara Fesi II mewakili Rektor dan Wakil Rektor III yang berhalangan hadir.

“UKM ini wadah berhimpun mahasiswa terkait peminatan dan bakat yang sama untuk dikembangkan. Kegiatan ini sifatnya keluar dalam rangka dakwah untuk menghimpun seni budaya Islam dalam bentuk festival,” ujar Chaidir.

Lebih lanjut, Chaidir mengungkapkan bahwa ajang tersebut untuk mengukur seberapa besar UKM berhasil mengkader anggotanya. “Lembaga (UIN) ini terangkat oleh prestasi mahasiswa. Bukan hanya dari akademik dan temuan ilmiah, tetapi juga dari (prestasi) kemahasiswaan,” ujarnya sekaligus membuka kegiatan Fesi II 2018.

Chaidir pun menambahkan, Bidang III yang mengurus bagian kemahasiswaan berharap bahwa UKM maupun organisasi kemahasiswaan intra kampus lainnya memiliki etos dan kinerja yang lebih baik dari yang lain.

Ia juga berpesan kepada peserta dan dewan juri, “jadikan ini ajang untuk menguji, mengevaluasi kemampuan kita dalam bidang seni Islam. Lembaga juga berharap kepada dewan juri untuk mengedepankan objektifitas. Jadi pemenang benar-benar yang layak.”

Hadir pada pembukaan ini Pembina UKM Hiqma Nova Erlina MEd, Wakil Dekan III FTK Dr Rubhan Masykur MPd, dewan juri, panitia, peserta dan undangan lainnya. (NF/HI)

Sudah dibaca : 312 Kali