Home » Berita » UKM Maharipal Kampanyekan Diet Plastik

UKM Maharipal Kampanyekan Diet Plastik


Anggota UKM Maharipal membagikan goodie bag ke warga kampus UIN. (Dok. Istimewa)

Setelah peringatan Hari Bumi sedunia (22/4) yang bertajuk Festival Lingkungan Maharipal 2019, UKM Mahasiswa Raden Intan Pencinta Alam (Maharipal) kembali peringati hari lingkungan lainnya yaitu Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia yang jatuh pada 3 Juli.

Organisasi Pencinta Alam UIN Raden Intan ini kembali tunjukkan kepedulian dan konsistensinya dalam menjaga lingkungan. Kali ini, UKM Maharipal membagikan goodie bag (tas jinjing dari kain) bertuliskan “ayo diet plastik” di lingkungan kampus UIN Raden Intan, Sukarame, Bandar Lampung.

Ketua  Divisi Lingkungan Hidup UKM Maharipal Regi menyampaikan, salah satu upaya dari organisasinya tersebut mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik. “Kita tukarkan kantong plastik yang sedang digunakan teman-teman dikampus dengan goodiebag”, katanya, Rabu (3/7/2019).

Berdasarkan penelitian Jenna Jambeck dari Georgia University, Indonesia menjadi pemasok sampah plastik terbesar kedua di dunia menyusul Tiongkok yang berada di peringkat pertama. kemudian disusul oleh Filipina dan Vietnam yang berada diposisi ketiga dan keempat.

Menurut ketua umum UKM Maharipal Wahyu Izhan, masyarakat Indonesia sudah saatnya dapat mengurangi penggunaan plastik. “Kita selama ini bergantung pada kantong plastik, sehingga kita susah untuk move on. Berpergian membawa goodie bag agar tidak menggunakan plastik juga asyik kok,” tuturnya.

“Sudah banyak hasil penelitian tentang bahaya plastik, sehingga pada hari ini kami juga berikan lembaran yang berisi informasi dan tips untuk mengurangi penggunaan plastik. Ayo diet plastik!,” tutup Wahyu. (Rls-NF/HI)

Sudah dibaca : 515 Kali