UPT Perpustakaan Beri Pemahaman ke Mahasiswa

  • Admin Humas
  • Kamis, 20 September 2018
  • 1774 Tampilan

Humas UIN RIL – Mewujudkan perpustakaan yang ideal harus mengarah pada standar kualifikasi pusat sumber belajar. Tanggung jawab untuk mewujudkan itu memerlukan kesatuan dan kerjasama antara lembaga atau pelaku organisasi dalam perpustakaan dan juga user education (pemakai).

Berdasarkan fungsinya, perpustakaan memenuhi ranah pendidikan dan pembelajaran, informasi, penelitian, rekreasi, dan preservasi. Maka, pemakai dalam hal ini khususnya mahasiswa merupakan instrumen yang tidak boleh dilupakan.

Menyikapi kenyataan tersebut, UPT Perpustakaan gelar workshop dengan tema User Education dan Tour Library, di Perpustakaan UIN, Kamis (20/9/2018). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa baru sebagai pemakai layanan perpustakaan  yang berjumlah 50 orang.

Kepala UPT Perpustkaan, Dr Afif Anshori MAg, mengatakan bahwa workshop tersebut bertujuan agar pemakai menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien. “Pemakai juga dapat mengakses sumber-sumber literatur dan informasi yang relevan sesuai kebutuhan,” terang Afif.

Selain itu, kegiatan ini untuk memperkenalkan koleksi sumber bacaan yang ada di perpustakaan kepada mahasiswa. Kemudian, mahasiswa sebagai pemakai diberi pemahaman mengenai petunjuk menggunakan perpustakaan dan informasi lainnya.

“Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat baca mahasiswa. Dan memperpendek jarak antara pustakawan dan pengguna (mahasiswa),” tambah Afif.

Workshop ini diisi oleh para pustakawan di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Dengan adanya workshop ini, perpustakaan diharapkan dapat berfungsi secara optimal, baik dari pelayanan maupun penggunaan.  (NF/HI)