UPT Perpustakaan Tingkatkan Kualitas SDM

  • Admin Humas
  • Selasa, 25 September 2018
  • 1583 Tampilan

Humas UIN RIL — Kualitas institusi dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia (SDM)-nya, begitupun dengan perpustakaan. Kemampuan yang memadai bagi pustakawan hanya dapat dimiliki melalui pendidikan khusus karena pengelolaan perpustakaan menuntut banyak sekali aturan, prosedur dan standar teknis yang harus dipenuhi.

Untuk meningkatkan kualitas tersebut, UPT Perpustakaan selenggarakan pelatihan peningkatan SDM dan manajemen perpustakaan. Pelatihan tersebut berlangsung 2 hari, 24-25 September 2018, di ruang belajar perpustakaan diikuti 35 orang pustakawan dan pengelola perpustakaan di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

Kepala UPT Perpustakaan, Dr Afif Anshori MAg, mengatakan bahwa pelatihan tersebut untuk meningkatkan kinerja pustakawan pada UPT Perpustakaan UIN. “Kegiatan ini juga untuk mengantisipasi kebutuhan pengguna perpustakaan,” ungkapnya, Kamis (24/9).

Selain itu, Afif menyampaikan, penting bagi para pustakawan dan pengelola untuk mengetahui arah pengembangan dan tujuan dari perpustakaan UIN Raden Intan. Dengan adanya pelatihan itu, Afif berharap terbentuknya manajemen perpustakaan yang bersumber pada pemustaka (user oriented) yang menjadi pengguna seluruh jasa layanan yang diperikan perpustakaan.

Pelatihan tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Kepala Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amrullah Hasbana dan Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan UNDIP Jazimatul Husna MIP. (NF/HI)