Wadahi Kreatifitas Akademisi, Prodi Pendidikan Matematika UIN Lampung Adakan Kompetisi Tingkat Nasional

  • Admin Humas
  • Rabu, 24 Agustus 2022
  • 867 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Tumbuhkan digitalisasi pembelajaran, Program Studi Pendidikan Matematika (PSPM) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung adakan kompetisi Video Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami Tingkat Nasional.

Kompetisi yang ditujukan untuk para akademisi, guru dan mahasiswa se-Indonesia ini bertujuan untuk mewadahi kreatifitas para akademisi di bidang matematika dalam mengembangkan media pembelajaran terutama video pembelajaran.

“Kegiatan ini sangat cocok karena terdapat integrasi keilmuan, yakni ilmu keguruan matematika dan keislaman yang dipadukan”, ujar Prof Dr Hj Nirva Diana MPd, Dekan FTK saat memberikan sambutan final kegiatan di Ruang GP 2L PSPM FTK secara hybrid, Rabu (24/8/2022).

Menurut Nirva, inovasi-inovasi yang kreatif dalam proses pembelajaran sangat diperlukan agar kita tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi.

“Para akademisi termasuk anak-anakku mahasiswa FTK yang kelak akan menjadi akademisi, harus bisa berinovasi agar tidak ketinggalan zaman,” pungkasnya.

Perlombaan yang berlangsung pada 22-24 Agustus 2022 ini diikuti oleh 31 karya yang dikirimkan oleh para peserta se-Indonesia baik perorangan maupun perkelompok.

Dewan juri pada kegiatan ini sesuai dengan bidang keilmuannya yakni, Bidang Keislaman : Dr Mansur MPdI dari UIN Raden Intan, Bidang Pendidikan Matematika : Dr Nurhanurawati MPd praktisi Unila, Bidang Media dan Teknologi Informasi : Fathurrahman Kurniawan Ikhsan SKom MTi dari Polinela.

Berdasarkan perolehan nilai dari dewan juri, terpilih 3 video terbaik yang berhak maju ke babak final dengan mempresentasikan video pembelajaran yang dibuat.

Hasilnya, Juara 1 diraih oleh Nadiyah Nur Azizah dari UIN Raden Intan Lampung yang mengangkat pembelajaran perihal Bilangan Fibonacci dan Keistimewaannya. Kemudian disusul oleh Muslimah Squad dari Universitas Sebelas Maret sebagai Juara 2, sedangkan Juara 3 yaitu KETSEIYFHATTA perwakilan dari STKIP Kusuma Negara Jakarta. (An/HI)