Wisuda Periode I 2022, Rektor Ajak Alumni dan Sivitas Lestarikan Lingkungan

  • Admin Humas
  • Rabu, 23 Maret 2022
  • 1526 Tampilan
blank
Rektor UIN Prof. Wan Jamaluddin saat mengukuhkan wisudawan Periode I Tahun 2022.

Rektor Prof Wan Jamaluddin PhD mengajak para alumni dan sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung untuk menjaga keberlangsungan bumi dan kelestarian lingkungan hidup. Hal ini disampaikan pada prosesi Wisuda Periode I Tahun 2022 secara hybrid, Rabu (23/3/2022).

Menurutnya, upaya tersebut agar tercipta keseimbangan hidup untuk kebaikan kita semua. “Inilah yang menjadi visi UIN Raden Intan Lampung sebagai kampus hijau atau green campus,” ujarnya.

Dia berpesan kepada para alumni dari seluruh jenjang sarjana (S-1), magister (S-2), dan doktor (S-3) untuk dapat mengamalkan dan memanfaatkan ilmu yang didapat dengan sebaik-baiknya.

“Alumni UIN Raden Intan Lampung harus ikut aktif memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa sesuai dengan bidang kemampuannya. Alumni harus menumbuhkan kebaikan, memberikan contoh teladan, dan aktif membantu penyelesaian berbagai masalah yang terjadi,” harap Rektor.

Kemudian dia juga mengimbau para alumni maupun warga kampus UIN untuk secara bersama-sama membangun kehidupan yang harmoni, damai, toleran, dan saling menghormati perbedaan. Hal ini diharapkan agar tidak terjadi permusuhan, kebencian, dan perpecahan di masyarakat.

“Mari bangun rasa saling menghormati antar anak bangsa yang berbeda-beda, antar umat, bahkan antar manusia, sesuai dengan misi Islam yang mengajarkan akhlak mulia dan rahmatan lil ‘alamin,” ungkap Prof Wan.

Sebanyak 1000 wisudawan yang tercatat mengikuti Wisuda Periode I 2022. Jumlah ini terdiri dari program doktor 15 wisudawan, magister 36 wisudawan, dan sarjana 949 wisudawan.

Program sarjana terbagi dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) 456, Fakultas Syariah (FS) 142, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) 43, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 112, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 196 wisudawan.

Adapun wisudawan terbaik universitas atas nama Anjali Sriwijbant dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan IPK 3,83 dan masa studi 3 tahun 5 bulan.

Wisudawan terbaik program doktor atas nama Heru Juabdin Sada dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dengan IPK 3,80 dan masa studi 2 tahun 8 bulan. Lalu program magister atas nama Dewi Oktavia dari prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) dengan IPK 3,69.

Kemudian wisudawan terbaik dari tiap fakultas yakni FTK atas nama Anjali Sriwijbant dari Prodi PAI dengan IPK 3,83, masa studi 3 tahun 5 bulan; FS atas nama Panggih Fadhila dari Prodi Hukum Tata Negara (HTN) dengan IPK 3,86, masa studi 4 tahun 1 bulan; FUSA atas nama Umi Rahmawati dari Prodi Psikologi Islam dengan IPK 3,85, masa studi 4 tahun 4 bulan; FDIK atas nama Khoirunnisya dari Prodi Manajemen Dakwah (MD) dengan IPK 3,68, masa studi 4 tahun 0 bulan; dan FEBI atas nama Dwi Apriliani dari Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) dengan IPK 3,80, masa studi 3 tahun 2 bulan.

blank
Rektor UIN Prof. Wan Jamaluddin saat sampaikan sambutan pada Wisuda Periode I Tahun 2022.

Rektor atas nama pribadi dan pimpinan mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Dia juga sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada orang tua dan keluarga wisudawan yang memberi kepercayaan kepada UIN Raden Intan Lampung.

“Teruslah belajar karena menuntut ilmu tidak ada batasnya. Semoga ilmu, keterampilan, keahlian, dan pengalaman yang diperoleh, akan menjadi bekal yang berguna di tengah masyarakat, dan mengantarkan kepada langkah lebih baik dan lebih sukses pada masa akan datang. Aamiin,” tutupnya. (NF/HI)