Alumni UIN RIL Harus Berkontribusi Dalam Pembangunan Bangsa

  • Admin Humas
  • Rabu, 23 November 2022
  • 258 Tampilan
Rektor Prof Wan Jamaluddin PhD Saat Berikan Sambutan pada Wisuda Periode IV Tahun 2022, Rabu (23/11/2022).

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) harus ikut aktif memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa sesuai dengan bidang kemampuannya masing-masing. 

Hal tersebut disampaikan Rektor UIN RIL Prof. Wan Jamaluddin Z, Ph.D saat mewisuda 1.000 mahasiswa periode IV tahun 2022 yang terdiri atas program sarjana (S1) 955 wisudawan, program  magister (S2) 36 wisudawan, dan program doktor (S3) 9 wisudawan, di Ballroom, UIN RIL, Rabu (23/11/22).

Prof. Wan Jamaluddin, mengatakan bahwa wisuda keempat di tahun 2022 kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga wisuda masih dilaksanakan secara hybrid.

“Wisuda ini masih dilaksanakan secara hybrid, secara online maupun offline dan sebagian kecil saja yang offline, tetapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya. 

Prof Wan Jamaluddin mengatakan bahwa peserta wisuda offline tersebut hanya dihadiri oleh para wisudawan terbaik fakultas dan prodi, dan sisanya mengikuti secara daring.

Ia berpesan kepada para wisudawan untuk memanfaatkan dan menggunakan posisi terhormat tersebut dengan sebaik mungkin dengan keahlian dan kemampuan di bidang masing-masing.

“Alumni UIN RIL harus ikut aktif memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa sesuai dengan bidang kemampuannya masing-masing,” ujarnya.

Rektor UIN juga berpesan kepada wisudawan dan wisudawati untuk membangun rasa saling menghormati antar anak bangsa yang berbeda-beda.

“Kami mengajak mari bersama-sama membangun kehidupan yang harmoni, damai, toleran, teduh, saling menghormati perbedaan, menjauhi permusuhan dan perpecahan, tidak menebar kebencian, keributan, provokasi, keburukan, kata-kata tercela, maupun penghinaan,” imbuhnya.

Ia juga mengajak kepada semua kalangan untuk menjaga keseimbangan hidup demi kebaikan semuanya seperti visi UIN RIL sebagai Kampus Hijau atau Green Campus.

“Tetap menjaga keberlangsungan bumi, kelestarian hidup, menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, indah, mengurangi penggunaan plastik, karbondioksida, limbah beracun, dan tidak merusak ekosistem,” katanya.

Ia merasa bangga karena kampus UIN RIL terus mengukir prestasi, mengalami kemajuan pesat dan menjadi pilihan favorit masyarakat, bukan hanya di Lampung tapi juga nasional.

“Kampus kita menjadi PTKIN yang terbanyak guru besarnya di Sumatera yaitu sebanyak 26 orang, termasuk peringkat 4 Nasional UIN terbaik dalam peringkat Webometric, peringkat 2 Nasional PTKIN terbaik versi UniRank, PTKIN tertinggi pendaftaran UM PTKIN se-Sumatera,” ucapnya.