BNN—UIN Bangun Sinergitas Perangi Narkoba

  • Admin Humas
  • Sabtu, 13 Juni 2020
  • 1945 Tampilan
blank
Rektor UIN saat berbincang dengan Kepala BNN Provinsi Lampung.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung Brigjen I Wayan Sukawinaya MSi beserta jajaran kunjungi UIN Raden Intan Lampung, Jumat (12/6/2020).

Kunjungan yang diterima Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg dalam rangka silaturahmi dan pembahasan tindak lanjut dari MoU yang ditandatangani Rektor UIN dengan Kepala BNN RI pada 30 Oktober 2018.

Kepala BNN Provinsi Lampung mengapresiasi UIN Raden Intan dalam hal pencegahan dan pemberantasan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (narkoba) di lingkungan kampus. “UIN perguruan tinggi Islam yang bersih dari narkoba. Jangankan mahasiswanya, alumninya juga belum ada yang terkena kasus narkoba,” kata I Wayan saat berbincang dengan Rektor UIN.

Rektor pun menyambut baik kunjungan kerja tersebut. Dia berharap, sinergitas kedua Lembaga dapat terjalin dengan baik khususnya dalam hal pencegahan dan pemberantasan narkoba.

Prof Mukri mengatakan, salah satu upaya dalam pemberantasan narkoba yaitu mahasiswa baru harus mengikuti tes narkoba.  “Sebelum calon mahasiswa baru masuk UIN, kita (UIN) ada tes urine. Agar kampus ini bisa terbebas dari ancaman dan penggunaan narkoba,” jelasnya.

Selain itu, setiap kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswa (PBAK) yang diikuti mahasiswa baru, selalu diisi materi tentang bahaya narkoba oleh BNN Provinsi Lampung.

blank
Rektor dan Kepala BNN beserta jajaran melihat lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung.

Adapun rencana tindak lanjut dalam lingkup MoU tersebut diantaranya yaitu penyebaran informasi tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan psekursor narkotika. Selain itu, dilingkup pendidikan, pelaksanaan program pendidikan tinggi seperti pelatihan, lokakarya, seminar, dan kegiatan ilmiah dibidang pencegahan dan pemberantasan narkotika. (NF/HI)