Januari 2022, Peringkat Webometrics UIN RIL Kembali Berada Diposisi Ketiga

  • Admin Humas
  • Jumat, 04 Februari 2022
  • 4261 Tampilan
blank
Tampilan website webometrics.

UIN Raden Intan Lampung (RIL) kembali menempati posisi ketiga untuk lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia edisi per-Januari 2022 berdasarkan situs pemeringkat webometrics.

Posisi ini masih sama seperti edisi Juli 2022 yang berada diposisi ke-3. UIN RIL berada di tiga besar bersama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Peringkat ini naik dari Januari 2021 yang berada diposisi ke-4 dan Juli 2020 UIN RIL masih berada diurutan ke-7. Sebelumnya, pada Januari 2020 berada diposisi ke-10 dan Juli 2019 diposisi ke-22 lingkup PTKIN.

Untuk peringkat perguruan tinggi se-Indonesia, per-Januari 2022 UIN RIL berada diposisi ke-63. Peringkat ini naik dari Januari 2021 yang berada diperingkat 72 dan posisi ke-79 pada penilaian per-Juli 2020.

Untuk peringkat perguruan tinggi se-Dunia, per-Januari 2022 UIN RIL menempati posisi 4617. UIN RIL terus menunjukkan tren positif yang ditandai dengan kenaikan peringkat setiap tahunnya.

Rektor UIN Prof Wan Jamaluddin PhD menyambut baik konsistensi dari kenaikan peringkat UIN RIL. Dia mengapresiasi kepemimpinan sebelumnya dan seluruh sivitas akademika UIN yang telah berkontribusi atas capaian tersebut.

Menurutnya, kemajuan UIN RIL termasuk dalam penilaian lembaga pemeringkatan ini harus tetap dijaga agar dapat lebih baik lagi. “Saya berharap sivitas akademika dapat terus bersinergi dan menjalin keharmonisan agar UIN dapat lebih maju,” ujarnya, Rabu (2/2/2022).

Dia juga mengatakan, capaian ini menjadi salah satu motivasi dan indikator dalam meningkatkan kinerja sivitas akademika.

Webometrics merupakan suatu perangkat sistem atau inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di situs web. Pemeringkatan ini dimulai pada tahun 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitas dan dampak dari publikasi web.

Webometrics melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu Perguruan Tinggi di seluruh dunia. Dalam setahun webometrics merilis pemeringkatan sebanyak dua kali yakni pada Januari dan Juli.

Terdapat tiga komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian webometrics ini, yaitu Impact, Openness, dan Excellence. (NF/HI)