Home » Berita » Menteri Agama Luncurkan SPAN-UM PTKIN 2021 di UIN RIL

Menteri Agama Luncurkan SPAN-UM PTKIN 2021 di UIN RIL

Sudah dibaca : 455 Kali


Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat membuka dan memberikan arahan pada peluncuran SPAN-UM PTKIN 2021, Kamis (14/1).

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas luncurkan Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) – Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2021 di Kampus UIN Raden Intan Lampung, Kamis (14/1/2021).

Peluncuran dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol Covid-19. Kegiatan ini juga berlangsung melalui aplikasi Zoom dan ditayangkan melalui Kanal YouTube SPAN-UM PTKIN OFFICIAL.

Turut hadir dalam peluncuran tersebut diantaranya Wakil Menteri Agama, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Dirjen Pendidikan Islam (Pendis), Direktur PTKI, Gubernur Lampung, Forum Rektor PTKIN, serta sejumlah unsur Forkopimda.

Dalam sambutannya, Menag mengingatkan kepada Dirjen Pendis dan Forum Rektor PTKIN agar tidak terlalu bangga dengan peningkatan jumlah peminat ke PTKIN setiap tahunnya. “Kita tetap harus evaluasi, instropeksi, terkait dengan tingginya peminat PTKIN. Apa karena murah dan mudah, atau memang berkualitas. Kita tetap perlu tingkatkan kualitasnya,” ujar Gus Menteri ini.

Menag mengatakan, mengelola PTKIN ini tidak mudah, karena ada Islamnya. “Kita harus menjadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi. Dengan (Islam) ini saya yakin perilaku koruptif dan yang merugikan bangsa dan negara, bisa kita hilangkan,” lanjutnya.

Gus Yaqut juga menyampaikan bahwa dirinya sedang menjalin komunikasi dengan perguruan tinggi non-PTKIN. “Saya sedang berpikir mengelaborasi antara PTKIN dengan non-PTKIN. Saya ingin kita maju bersama. Saya ingin melihat PTKIN jauh lebih unggul dan menjadi pilihan utama,” tambahnya.

Halaman selanjutnya….