Home » Berita » Prodi PBA Gelar Workshop Rencana Pembelajaran Semester

Prodi PBA Gelar Workshop Rencana Pembelajaran Semester

Sudah dibaca : 390 Kali


Tangkapan layar workshop RPS Prodi PBA.

Setelah sukses menyelenggarakan pelatihan penulisan bahan ajar untuk dosen, kali ini Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) selenggarakan workshop Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Workshop yang dilakukan secara daring berlangsung pada Selasa dan Rabu, 6-7 April 2021, dengan diikuti oleh 40 dosen PBA.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keilmuan dosen PBA. “Secara khusus program ini ditujukan untuk memicu standar kualitas akademik dan kualitas SDM di tingkat program studi,” kata Ketua Prodi PBA Dr Umi Hijriyah MPd.

Umi berharap, dengan bimbingan dan arahan ahli yang kompeten, para dosen dapat faham dan terampil menyusun RPS sesuai dengan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). “Sekaligus menjaga semangat pembelajaran yang baik dan berisi nilai-nilai keislaman sesuai visi misi fakultas dan prodi,” ungkapnya.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari Dosen FTIK Universitas Lampung yaitu Dr Een Yayah Haenilah MPd.

Ketua Prodi PBA juga mengharapkan agar para dosen dapat mengkuti kegiatan ini secara aktif. “Hal ini mengingat pentingnya perancangan pembelajaran agar mengasilkan RPS yang dapat dijalankan dalam proses pembelajaran secara efesien dan efektif,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan FTK Prof Dr Nirva Diana MPd menyampaikan bahwa dengan workhsop ini, dosen diharapkan dapat meningkatkan dapat menghasilkan RPS yang berkualitas. “Selain RPS yang berkualitas, tentunya juga memenuhi standar akademik. Terlebih RPS ini akan digunakan pada semester ini dan akan datang,” pungkasnya. (Rls–NF/HI)