Sekjen Kemenag Resmikan Gedung Akademik & Riset Center dan Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa

  • Admin Humas
  • Selasa, 25 Januari 2022
  • 2031 Tampilan
Foto bersama Sekjen Kemenag RI Prof. Nizar Ali bersama dengan jajaran pimpinan UIN dan pengembang proyek SBSN.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof Dr Nizar Ali MAg resmikan Gedung Akademik dan Riset Center serta Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti di Auditorium UIN, Selasa (25/1/2022).

Prof Nizar menyampaikan bahwa peresmian ini memiliki makna yang sangat penting, karena pusat akademik, pusat riset dan pusat kegiatan mahasiswa merupakan tiga entitas yang sangat penting dalam perjalanan akademik dan intelektual sebuah Perguruan Tinggi. “Saya mengucapkan selamat, dengan harapan semoga fasilitas ini dapat mendukung kualitas akademik dan non-akadmik UIN Raden Intan Lampung,” ucapnya.

Menurutnya, UIN Raden Intan Lampung sudah memiliki modal untuk mencapai taraf internasional agar menarik minat mahasiswa asing menimba ilmu di UIN Lampung. “Saya rasa infrastruktur yang dibangun UIN ini sudah bertaraf internasional, tinggal perangkat lunaknya yang dimulai dari kurikulum dan kerjasama yang dibangun,” ujarnya.

Prof Nizar menjelaskan tiga modal yang telah dimiliki UIN yaitu adanya gedung pusat akademik yang akan menggodok mahasiswa secara akademik, sehingga dari sisi intelektual mahasiswa dapat memiliki keunggulan dan mampu bersaing secara nasional dan internasional.

“Kemudian ada riset center. Ini adalah suatu ciri khas perguruan tinggi yang bisa menjadi ajang mahasiswa asing juga mahasiswa kita untuk berkiprah melahirkan riset-riset bertaraf internasional,” sambungnya.

Selanjutnya Prof Nizar menjelaskan, pusat kegiatan mahasiswa sebagai tempat menyalurkan kreatifitas dan ekspresi pengembangan diri mahasiswa dalam berbagai bidang, “Gedung ini sebagai pelengkap dari kemampuan-kemampuan akademik yang telah diberikan, agar mahasiswa siap secara lahir dan batin,” tutupnya.

Dikesempatan yang sama, Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang mendukung pembangunan gedung tersebut. “Alhamdulillah, pembangunan gedung melalui anggaran SBSN ini sudah terlaksana. Semoga dapat bermanfaat dan membawa kebaikan untuk kita semua,” ungkapnya.

Prof Mukri juga berharap, kepercayaan publik yang terus tumbuh kepada UIN Raden Intan Lampung dapat diimbangi dengan peningkatan mutu. Menurutnya, penambahan fasilitas termasuk pembangunan gedung dapat meningkatkan kualitas mutu dan layanan akademik maupun non-akademik.

Peresmian dihelat bersamaan dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pengembangan Layanan Akademik Berstandar Internasional” dalam rangka UIN menuju World Class University. Selain dihadiri unsur pimpinan, juga hadir Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN) Nasrudin Irawan.

Seperti diketahui, pembangunan dua gedung yang berkonsep smart and green building ini didanai melalui skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang tergabung dalam proyek pengembangan sarana dan prasarana enam Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau dikenal dengan sebutan Proyek SBSN 6 in 1.

Proyek multiyears ini dimulai sejak tahun 2020 dan masih berjalan pembangunan empat gedung fakultas yang diharapkan dapat selesai diakhir tahun ini. (NF/HI)