Home » Berita » Tingkatkan Pengelolaan Kampus Hijau, UIN Beri Penghargaan ke Unit Kerja

Tingkatkan Pengelolaan Kampus Hijau, UIN Beri Penghargaan ke Unit Kerja


Rektor Prof. Dr. Moh Mukri, M.Ag resmikan Environmental Management Awards (EMA) UIN Raden Intan Lampung.

Dalam rangka meningkatkan pengelolaan kampus hijau dan akselerasi mewujudkan Visi, UIN Raden Intan Lampung akan beri penghargaan kepada program studi (prodi) dan fakultas terkait pengelolaan llingkungan. Penghargaan ini disebut dengan Environmental Management Awards (EMA).

EMA merupakan penghargaan yang diberikan kepada prodi dan fakultas di lingkungan UIN Raden Intan Lampung yang memiliki dedikasi terbaik dalam merancang dan memelihara lingkungan hijau, bersih, dan berkelanjutan. Penghargaan ini akan diselenggarakan secara rutin setiap tahun untuk menilai kemajuan gerakan lingkungan di internal kampus hijau UIN.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan, penghargaan ini untuk memicu sivitas akademika khususnya prodi dan fakultas untuk melakukan yang terbaik. “Penghargaan ini tentunya agar kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Demi terciptanya lingkungan yang bersih, asri dan nyaman, serta tentunya untuk mewujudkan visi kita (UIN) sebagai kampus hijau rujukan internasional,” ungkapnya saat launching EMA di halaman Masjid Safinatul Ulum, Rabu (9/9/2020).

Dengan adanya penghargaan dan apresiasi ini diharapkan kepada sivitas akademika dapat menjadi change agent dalam hal pelestarian lingkungan. “Dengan adanya penghargaan ini diharapkan seluruh komponen akademik dari unit terkecil (prodi) hingga unit lebih kompleks (fakultas) serta unit kerja lainnya bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan kampus,” harap Rektor.

Prof Mukri juga mengatakan, dengan diraihnya peringkat 11 UI GreenMetrics secara nasional tentunya penghargaan tersebut merupakan hasil dari kerja sama dari sivitas akademika dan elemen di lingkungan kampus. “Dengan adanya penghargaan (EMA) ini diharapkan dapat membantu mewujudkan UIN Raden Intan pada peringkat yang lebih baik lagi. Penghargaan ini juga untuk membumikan gerakan lingkungan lebih terstruktur dan masif di kampus ini,” tambahnya.

Hadir pada launching ini para pimpinan dari setiap fakultas dan unit kerja. Disampaikan juga pengarahan dari Ketua UI GreenMetrics Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MSc MM melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini juga ditayangkan melalui kanal YouTube dan fanpage Facebook UIN Raden Intan Lampung.

Dalam kesempatan itu, Prof Riri menyampaikan apresiasi atas capaian UIN dari waktu ke waktu. Menurutnya, upaya melalui EMA ini sangat inovatif dan inspiratif.

“Kegiatan (EMA) ini diharapkan dapat men-trigger terhadap perubahan-perubahan. Ini sebagai upaya UIN untuk mewujudkan sustainable kampus, seperti yang kita upayakan bersama,” ungkap Prof Riri.

Terdapat 7 poin penilaian dalam EMA yakni penataan dan infrastruktur; energi dan perubahan iklim; limbah; transportasi; pendidikan dan penelitian; serta sanitasi.

2020, masa pengumpulan data dari prodi dan fakultas untuk ketujuh poin itu dijadwalkan pada 8 September – 9 Oktober. Kemudian masa penilaian pada 12 – 31 Oktober dan pengumuman pada November bersamaan dengan peringatan Dies Natalis UIN ke-52.

Tim penilai EMA terdiri dari unsur pimpinan universitas, fakultas, unit-unit terkait dan unsur eksternal seperti LSM lingkungan serta jurnalis. (NF/HI)

Sudah dibaca : 214 Kali