Home » Berita » Environmental Management Awards Langkah Strategis Wujudkan Visi Kampus

Environmental Management Awards Langkah Strategis Wujudkan Visi Kampus

Sudah dibaca : 407 Kali


Tangkapan layar Rektor UIN Prof. Mukri dalam Zoom Meeting tentang sosialisasi EMA 2021.

Environmental Management Awards (EMA) merupakan penghargaan yang diberikan kepada program studi, fakultas dan unit kerja di lingkungan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yang memiliki dedikasi terbaik dalam merancang dan memelihara lingkungan hijau, bersih, dan berkelanjutan.

Penghargaan ini akan diselenggarakan secara rutin setiap tahun untuk menilai kemajuan gerakan lingkungan di internal Kampus Hijau UIN Raden Intan Lampung.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan, EMA ini merupakan salah satu langkah strategis dalam mewujudkan visi kampus. “Ini rangkaian agenda untuk mewujudkan visi UIN Raden Intan Lampung. Kita mengerjakan ini bukan kebetulan, tapi sudah masuk sistem, bagian dari agenda UIN untuk bermartabat, jaya dan rujukan internasional. Ini semua by desain,” katanya saat sosialisai EMA 2021 kepada pimpinan unit kerja melalui aplikasi Zoom, Senin (5/7/2021).

Prof Mukri mengajak seluruh warga kampus untuk peduli terhadap lingkungan. “Soal lingkungan ini harus menjadi kesadaran kita. Berperilaku bersih dan sehat itu karena Allah. Mari kita wujudkan kebaikan, Allah itu indah dan menyukai keindahan,” ungkapnya.

Dia berharap, semangat EMA ini dapat menyatukan energi positif seluruh sivitas akademika untuk kemajuan dan kejayaan UIN.

Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) Dr Eko Kuswanto MSi menjelaskan, ada tiga program besar dala pengembangan kampus hijau. Pertama yaitu Sistem Manajemen Lingkungan (SML) dengan menerapkan ISO 14001:2015 tentang SML.

Kedua EMA, yang sudah diterapkan pada 2020. Dan Ketiga, turut serta dalam UI GreenMetric, yang pada 2020 UIN Raden Intan berhasil masuk dalam 10 besar.

EMA ini, menurut Eko, sebagai salah satu upaya dalam menuju 100 besar kampus hijau dunia. “Ini semua sebagai upaya dalam mewujudkan kampus hijau dan mencapai visi kampus. Hal ini tentunya perlu dukungan dari seluruh warga kampus,” tambah Eko.

Adapun partisipan dari EMA 2021 berasal dari seluruh program studi, fakultas, dan unit kerja yang ada di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Sedangkan tim penilai terdiri dari unsur pimpinan universitas, fakultas, unit-unit terkait dan tim auditor internal SML UIN Raden Intan Lampung.

Peserta Zoom Meeting sosialisasi EMA 2021.

Terdapat 7 kategori penilai dalam EMA ini yaitu Penataan dan Infrastruktur; Energi dan Perubahan Iklim; Limbah; Air; Transportasi; Pendidikan dan Penelitian; dan Sanitasi.

Jadwal pelaksanaan EMA 2021 yakni masa submit data pada 7 Juli–10 September, masa penilaian pada 13 September–1 Oktober, dan pengumuman hasil pada Oktober 2021 bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun UIN Raden Intan Lampung ke-53. (NF/HI)