Home » Berita » UIN RIL Semakin Kokohkan Diri sebagai Kampus Hijau Berkelanjutan Di Indonesia

UIN RIL Semakin Kokohkan Diri sebagai Kampus Hijau Berkelanjutan Di Indonesia

Sudah dibaca : 404 Kali


Rektor UIN Prof. Mukri saat menerima penghargaan kampus hijau berkelanjutan tahun 2021.

UIN Raden Intan Lampung (RIL) semakin kokohkan diri sebagai kampus hijau berkelanjutan di Indonesia setelah memperoleh peringkat ke-8 kampus hijau berkelanjutan (The 8th Most Sustainability Campus in Indonesia) dan peringkat 82 dunia berdasarkan penilaian dari lembaga pemeringkat dunia dibidang lingkungan berkelanjutan UI GreenMetric.

Peringkat ini terus naik dari tahun-tahun sebelumnya. Pada 2018, UIN RIL menepati posisi ke-18; 2019, berada diurutan ke-11; dan 2020, berada diperingkat ke-10.

UI GreenMetric World University Rangkings Awards 2021 diumumkan ke seluruh dunia secara daring melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung pada kanal Youtube UIGreenMetric, Selasa (14/12).

Rektor UIN RIL Prof Dr Moh Mukri MAg yang mendapat  kesempatan menyampaikan  speech (pidato) dalam acara itu mengatakan bahwa ini merupakan komitmen sivitas akademika UIN RIL dalam melestarikan alam dan lingkungan.

“Banyak yang bilang, kampus UIN Raden Intan Lampung semakin hijau dan asri. Ini (membuat kampus hijau) tentunya adalah komitmen kami. Kita harus menginspirasi kebaikan. Dan kita harus bisa lebih baik dari kemarin,” ungkapnya.

Dia juga terus mengajak warga kampus terus dapat berbuat untuk kelestarian lingkungan. “Melestarikan lingkungan, membuat kampus hijau, bukan sekedar sebagai pemeringkatan. Yang lebih penting ialah kita mewariskan ke generasi berikutnya, alam dan lingkungan yang baik,” tambah Prof Mukri.

Sebelumnya, pada 11 November 2021, UIN RIL juga mendapat penghargaan dari UI GreenMetric kategori Certificate of Compliance dan Trees Rating. Kemudian pada 10 Desember, UIN RIL kembali mendapat penghargaan sebagai PTKI dengan score Green Campus tertinggi ini diberikan pada Anugerah Pendidikan Tinggi Islam (ADIKTIS) 2021.

Berikut peringkat 10 besar kampus hijau penilaian UI GreenMetric 2021:

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Diponegoro

3. Universitas Gajah Mada

4. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

5. Universitas Negeri Semarang

6. IPB University

7. Universitas Sebelas Maret

8. UIN Raden Intan Lampung

9. Telkom University

10. Universitas Islam Indonesia.

(NF/HI)